• February 21, 2024

3 Peran Penting Kolesterol dan Bahayanya untuk Tubuh

1. Penyakit Jantung dan Serangan Jantung

Salah satu bahaya utama dari kadar kolesterol yang tinggi adalah peningkatan risiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Ketika plak arteri terbentuk, arteri menjadi lebih sempit dan kurang elastis, yang dapat menyulitkan aliran darah ke jantung. Jika aliran darah ke jantung terganggu secara signifikan, ini dapat mengakibatkan serangan jantung yang dapat berakibat fatal.

2. Stroke

Kadar kolesterol yang tinggi juga meningkatkan risiko stroke. Ketika plak arteri terbentuk di arteri yang menuju ke otak, hal ini dapat menyumbat aliran darah ke otak dan menyebabkan stroke. Stroke adalah kondisi serius yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan berpotensi mengancam nyawa.

3. Pembuluh Darah Tersumbat

Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat di berbagai bagian tubuh. Ketika pembuluh darah yang mengalir ke organ vital seperti jantung, otak, atau ginjal tersumbat, ini dapat mengganggu fungsi organ tersebut dan mengakibatkan komplikasi serius.

4. Masalah Vaskular Lainnya

Kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan berbagai masalah vaskular lainnya, termasuk penyakit arteri perifer, di mana pembuluh darah ke kaki dan tangan tersumbat, menyebabkan nyeri dan masalah sirkulasi. Kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan gangguan sirkulasi di mata, yang dapat mengganggu penglihatan.

5. Gangguan Metabolik

Kolesterol yang tinggi sering kali berhubungan dengan gangguan metabolisme lainnya, seperti diabetes tipe 2 dan obesitas. Semua ini adalah faktor risiko tambahan untuk penyakit jantung dan komplikasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *